adsense

Jumat, 09 Maret 2012

JENIS-JENIS TANAMAN YANG BERKHASIAT UNTUK OBAT ke 2


Di artikel pertama tentang tanaman obat, saya sudah berjanji akan melanjutkan artikel tersebut. Dan sekarang saya kembali untuk meneruskan artikel tersebut. Di artikel pertama saya menulis tanaman obat diantaranya alang-alang, asam jawa, bambu kuning, bangle, dan bawang putih. Dan ini adalah daftar tanaman obaat yang lainnya...

1. Beluntas(Pluchea indica)

Menghilangkan bau badan

  Tanaman beluntas merupakan perdu yang sering digunakan sebagai tanaman pagar. Panjang daunnya sekitar 4 cm dengan dengan ujung membulat. Daun beluntas berkhasiat menghilangkan bau badan dan bau mulut. Caranya, daun beluntas 30 gram, pinang 5 gram, ditambah garam dapur 5 gram.Semua bahan itu di rebus, Air rebusannya di minum 3 kali sehari. Selain direbus, beluntas bisa di jadikan lalap pada saat makan malam.




2. Bidara Upas(Ipomoea mammosa)

 Mengobati diabetes

  Tumbuhan merambat ini bentuk daunnya mirip sirih, seperti hati dengan ujung meruncing. Sedang warnanya hijau tua. Warna batangnya agak gelap dan bila di pegang terasa agak licin. Bunganya berbentuk lonjong dan berwarna putih. Umbinya mirip kentang atau ubi jalar yang berwarna coklat. Sudah lama orang mengenal tanaman ini sebagai tanaman obat penyakit kencing manis, terutama umbinya. Zat kimia yang terkandung didalamnya adalah damar, zat pati dan zaat pahit. Cara penggunaanya, umbi bidara upas sebesar jari diparut , ditambah secangkir air masak, disaring kemudian diminum 2 kali. Resep ini untuk sekali minum.





3. Brotowali(Tinospora perculata)

Mengatasi lever

  Brotowali merupakan tanaman merambat. besar batangnya kurang lebih satu jari dengan banyak mata dan kutil, srta rasanya pahit. Daunya besar berbentuk jantung. zat yang terkandung dalam batang adalah pikro-retine. Brotowali termasuk tanaman yang banyak digunakan sebagai obat sakit perut, demam, sakit gangguan lever (sakit kuning), obat cacing dan penambah nafsu makan. Cara penggunaanya, batang brotowali direbus, disaring dan diminum. Rebusan batang ysng dicampur dengan belerang bermanfaat untuk mengobati kudis dan koreng sebagai obat luar.







4.Inggu(Ruta angustifolia)

Mengobati gangguan lever

  Pohon inggu termasuk tanaman herbal. Daunya mengandung alkaloid rutamin, skimianin, kokusaginin dan beragapten. Cara penggunaanya, daun inggu 25 gram direbus bersama 15 gram brotowali dan 10 gram kunyit hingga air rebusanya tinggal separuhnya. Jika air rebusan inni diminum secara rutin 3 kali sehari bisa menyembuhkan gangguan lever. Khasiat lain dari daun ini adalah sebagai peluruh air seni, dan pereda kejang


 




5. Jawer kotok(Coleus artropurpureus)

Mengobati wasir

   Jawer kotok umumnya umumnya dikenal sebagai tanaman hias karena daunnya yang indah dan berwarna warni. Selain itu juga banyak dikenal sebagai tanaman obat, namun ternyata tidak semua jenis berkhasiat sebagai obat. Hanya yang berdaun merah polos kecoklatan yang berkhasiat. Daunya mengandung minyak asiri karvakrol yang bersifat menghilangkan rasa sakit, dan etilsalisilat yang meniadakan iritasi. Karena sifat-sifat inilah jawer kotok berkhasiat sebagai obat wasir. Caranya 12 lembar daun jawer kotok direbus dengan 2 gelas kecil air sampai mendidih dan air tinggal setengahnya, minumlah ramuan tadi sehari sekali. 
 




Semoga bermanfaat...!dan besok saya sambung lagi...

3 komentar:

  1. tanaman brotowali bentuknya mirip daun sirih :D

    nice info gan :)
    Lumayan nambah ilmu tentan tanaman2 herbal :)

    BalasHapus
  2. Terimakasih banyak manfaatnya.

    BalasHapus
  3. Terimakasih banyak manfaatnya.

    BalasHapus