adsense

Senin, 05 Maret 2012

JENIS-JENIS TANAMAN YANG BERKHASIAT UNTUK OBAT

Kembali menggunakan obat yang berasal dari tanaman menjadi tren saat ini di negara-negara maju.Tapi dasar pemanfaatan tanaman obat justru ada dinegara-negara sedang berkembang ,seperti Indonesia .Sejak dari nenek monyang kita dahulu menggunakan tanaman sebagai obat sudah di mulai sejak ratusan tahun yang lalu .dan terus berkembang hingga saat ini, meskipun banyak diantaranya berdasarkan data Empiris.
Alam Indonesia sebenarnya sangat kaya dengan tumbuh-tumbuhan berkhasiat, yang sebagian besar belum dibudidayakan. Malah banyak diantaranya justru menjadi gulma yang merugikan dalam kehidupan sehari-hari, separti Alang-alang. Berbagai jenis tanaman yang berkhasiat sebagai obat serta cara penggunaanya akan saya kemukakan dibawah ini, :

1.Alang-Alang(Imperata cylindrica)

Mengobati Hipertensi

Tanaman ini termasuk kedalam keluarga Gramineae yang menjadi gulma yang sangat merugikan karena rimpangnya menjulur kemana-mana dan susah diangkat. Rimpang Alang-Alang bermanfaat untuk mengobati Hipertensi karena mengandung damar, asam kersik dan Logam Alkali. Cara penggunaanya, rimpang alang-alang satu gengam direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal separuhnya dan dinginkan.Air rebusan ini diminum pagi dan sore hari. Khasiatnya akan lebih baik jika ditambah madu murni.

2.Asam Jawa(Tamarindus indicus)

Mencegah rambut rontok(kebotakan)

  Daun muda yang diseduh bersama akar kunyit merupakan obat reumatik. Selain untuk reumatik, kulit pohon asam yang direbus dengan adas pulowaras juga bisa untuk mengobati asma, polong buahnya yang direbus dengan daun saga menjadi obat batuk kering, dan buahnya yang telah masak bisa mengobati morbili, sariawan, dan dioleskan kekulit kepala untuk mencegah rambut rontok. Buahnya yang disangrai bersama ketan putih kemudian ditumbuk halus dan dicampur dengan air secukupnya sampai menyerupai adonan, dapat menghaluskan kulit. Pemakainya adalah dengan membalurkan keseluruh tubuh dann dilakukan secara rutin 3 kali sehari.

3.Bambu Kuning(Bambusa vulgaris)

Mengobati reumatik

  Rebung bambu kuning yang rasanya manis kalau disayur juga berkhasiat mengatasi sakit liver sebab dalam bambu kuning mengandung para hidroksi bemsaldehid, suatu fenol yang mirip sebagian gugusan sulimarin dan kurkumin, yang berkhasiat untuk mengatai gangguan liver, misalnya terlalu banyak minum-minuman keras sehingga ada suatu zat yang menumpuk di liver yang menyebabkan keracunan. Pemakaiannya adalah satu bagian rebung ditambah sepuluh bagian air, direbus sampai mendidih dan dibiarkan selama seperempat jam. Setelah itu disaring dan didinginkan. Minum 3 kali sehari 1/3 gelas sekali minum. 








4.Bangle(Zingeber cassummunar)

Mengobati  reumatik

Bangle termasuk tanaman berbatang semu dengan rumpun yang tumbuh rapat. Tingginya mencapai 1,5 meter. Rhizomanya yang lebih besar daripada jahe, setelah agak tua berwarna kuning , dengan rasa pedas pahit dan bau menyengat. Tanaman ini memang dikenal sebagai tanaman obat yang berkhasiat menghangatkan badan, membersihkan dan mengeringkan luka, menghilangkan rasa sakit kepala, obat memar, obat reumatik. Untuk memperkuat khasiat obatnya, sebaiknya dicampur dengan arak.


5.Bawang Putih(Allium sativum)

Mengatasi hipertensi

Pada umumnya bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu dapur. tetapi ternyata ia juga berkhasiat untuk pengobaatan antara lain sebagai obat hipertensi, yaitu 3 siung bawang putih ditumbuk halus, diperas dan dicampur air kemudian disaring lalu diminum secara teratur setiap hari. Cara lain adalah 5 gram dan  2 buah mentimun dihancurkan dan diambil airnya, kemudian dicampur sedikit  air dan 2 sendok makan madu murni, diminum 2 kali sehari. Selain hipertensi bawang putih juga dipercaya sebagai obat asma,batuk, sakit kuning, sesak nafas, dn ambeien.

Sebenarnya masih banyak tanaman obat yang ada di bumi Indonesia ini, tapi mungkin ini dulu yang bisa aku tulis. Lain kali saya akan sambung lagi.

Semoga bermanfaat.....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar