adsense

Kamis, 03 Mei 2012

Obat Anti Nyamuk

Di zaman yang serba modern saat ini, mungkin banyak sekali obat-obatan yang di jual di pasaran untuk mengusir nyamuk. Tapi obat antinyamuk tidak sepenuhnya aman, karena mengandung zat-zat kimia yang efek sampingnya merugikan kesehatan.
Apapun jenisnya setiap antinyamuk tersebut pastilah mengandung Insektisida. Ada bermacam-macam Insektisida yang terkandung dalam antinyamuk yang saat ini banyak beredar di pasaran, antara lain propoxur, dichlorvos, chlorpyrifos, dan turunan pyrethroid (seperti pyrethrine, d- allethirine, dan transfluthrine).

   Propoxur adalah sejenis zat yang apabila terpapar dalam jumlah besar dapat menurunkan aktivitas kolines-terase (enzim yang berperan sebagai  transmisi simpul saraf), sehingga menimbulkan gejala keracunan seperti pandangan kabur, keluar keringat berlebih, pusing, mual, muntah, diare, dan sesak nafas.


 Dichlorvos yaitu suatu zat yang telah ditetapkan oleh WHO sebagai racun kelas 1. Suatu penelitian menyatakan bahwa Dichlorvos bersifat embrio-toksik dan teratogenik (membahayakan perkembangan janin) yang di uji pada tikus, dan mungkin juga membahayakan pula bagi janin manusia. Selain itu Dichlorvos juga bersifat Mutagenik pada bagian tubuh yang kontak dengan zat tersebut, sehingga berpotensi memicu kanker.

  Chlorpyrifos adalah zat kimia yang bersifat Neurotoksik (meracuni saraf) pada individu yang rentan dan dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit.
Resiko kontaminasi pada anak-anak lebih tinggi daripada orang dewasa, karena :
1. Daya tahan tubuh anak masih lemah sehingga lebih rentan.
2. Proses pernafasan anak lebih cepat sehingga lebih banyak zat kimia yang terhirup.

Terus langkah apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi serangan nyamuk secara aman?
1. Gunakan cara tradisional yaitu dengan cara memasang kelambu pada tempat tidur.
2. Menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya.
3. Memasang kasa nyamuk pada jendela dan pintu.
4. Menggunakan raket anti nyamuk.
5. Tanamlah tanaman pengusir nyamuk seperti : Geranium, Zodia, Serai wangi, Akar wangi, Lavender, Rosemary, Kecombrang dan Citrosa mosquito.

Mungkin cara-cara di atas tidaklah praktis, tapi itu akan lebih baik bila anda dan keluarga harus terpapar zat-zat kimia yang berbahaya dan merugikan anda. Dan mulai saat ini marilah kita hidup secar sehat!


Semoga bermanfaat....!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar