adsense

Rabu, 09 Mei 2012

Desa wisata kerajinan di Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang lebih dikenal degan nama Jogja merupakan sebuah kota di Negara Indonesia yang terkenal degan kerajinannya. Daerah-daerah tersebut merupakan central kerajinan tangan yang sudah terkenal sampai ke mancanegara sejak zaman dahulu kala. Daerah yang menonjol sebagai pusat kerajinan tersebut antara lain :

1.KOTA GEDE
Kota Gede merupakan central kerajinan perak yang sangat terkenal. Di daerah itu banyak sekali rumah atau pun toko yang menjual ataupun membuat kerajinan perak. Bentuknyapun bermacam-macam tergantung selera kita masing-masing. Sejak zaman kerajaan Mataram, tempat itu sudah terkenal sebagai pusat kerajinan peraknya. Bahkan hasil karyanya sudah bayak yang diekspor keluar negeri. Barang kerajinannya pun banyak dijual lewat internet, tidak jarang banyak turis asing yang lsngsung datang ke kota Gede untuk melihat langsung cara membuat kerajinan perak tersebut.

2.DESA WISATA KASONGAN
Daerah ini terletak disebelah selatan kota Jogja, tepatnya di Kabupaten Bantul. Dari kota Jogja anda bisa mengambil arah ke jalan Bantul, kurang lebih 5km dari pusat kota Jogja. Gapura atau tugu besar bertuliskan "DESA WISATA KASONGAN" menandakan anda sudah masuk kawasan desa tersebut. Disitu anda dapat membeli beraneka ragam gerabah yang terbuat dari tanah liat. Dari yang besar sampai yang kecil semua ada di desa itu. Berbagai macam bentuk pun ada disitu. Anda pun boleh mencoba sendiri cara-cara membuat gerabah tersebut, dari proses mencetak, pengeringan, pembakaran, sampai pewarnaannya. Hasil karya desa tersebut sudah banyak yang diekspor ke luar negeri atau pun dijual didalam negeri. Bila anda berminat silahkan datang ke desa tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar